Cara Install MySQLTuner di CentOS

 CentOS, MariaDB, MySQL, Tutorial

Cara Install MySQLTuner di CentOS

Pada artikel ini akan membahas tentang cara install MySQLTuner di centos untuk meningkatkan performa database seperti MySQL ataupun MariaDB. MySQL/MariaDB merupakan software database server yang sangat populer dan dapat dikatakan sebagai standar untuk web hosting atau virtual private server (VPS) atau dedicated server karena rata – rata CMS menggunakan database untuk menyimpan data. MySQLTuner sendiri adalah sebuah script Perl yang akan menganalisa performa database MySQL/MariaDB, dan dari hasil analisa tersebut, MySQLTuner akan memberikan rekomendasi variabel mana saja yang harus dinaikkan atau diturunkan, guna meningkatkan performa. Dengan begitu, dapat melakukan “tuning” file my.cnf agar performa server database MySQL/MariaDB lebih optimal dan bekerja lebih efisien. Nah, bagi yang masih awam/newbie seperti saya ini, solusi yang bisa digunakan sebagai langkah awal untuk membantu meningkatkan permorma database mysql yaitu dengan menggunakan MySQLTuner, sebuah skrip Perl yang tugasnya menganalisa konfigurasi MySQL server yang terinstall di server dan membuat rekomendasi – rekomendasi modifikasi setting dari informasi yang didapatkannya seperti yang telah dijelaskan diatas tadi. Sebelum melakukan instalasi menggunakan mysqltuner ini pastikan mempunyai server linux khusunya pada tutorial ini adalah centos dan pastikan juga sudah menginstall mysql server ataupun mariadb.

Dan berikut tutorial cara cara install MySQLTuner di centos VPS:
Pertama system server diupdate dulu dengan perintah

Install MySQLTuner
download MySQLTuner script dengan perintah:

Cara Install dan menggunakan MySQLTuner di CentOS
lakukan chmod dulu agar bisa dijalankan (make it script executable)

Cara Install dan menggunakan MySQLTuner di CentOS 1
kemudian menjalankan scriptnya pada terminal dengan command berikut

Cara Install dan menggunakan MySQLTuner di CentOS 2
kemudian akan diminta mengisikan username dan password untuk akun root database MySQL sebelum melanjutkan prosesnya

Kalau sudah maka akan muncul hasil diagnosa dari konfigurasi MySQL dan berbagai macam penilaian mengenai optimal tidaknya konfigurasinya.
sebagai contoh output rekomndasi hasil dari mysqltuner

Selanjutnya terserah anda, mau merubah settingan my.cnf sesuai dengan yang direkomendasikan (pada bagian Recommendations) atau tidak, untuk lokasi my.cnf berada pada /etc/mysql/my.cnf. Silahkan edit file my.cnf dengan editor teks favorit sesuai dengan rekomendasi diatas dan jangan lupa dibackup dulu sebelum diubah.
Setelah selesai restart MySQL/MariaDB dengan perintah
untuk MySQL

untuk MariaDB

terakhir cek secara periodik performa MySQL/MariaDB dengan MySQLTuner, minimal 24 jam sekali anda jalankan script ini. Demikianlah tutorial singkat tentang cara install dan menggunakan MySQLTuner pada VPS CentOS, semoga bermanfaat 😆