Cara Mengatasi Update WordPress, Plugins atau Tema butuh Akses FTP di VPS

 CentOS, Tutorial, Wordpress

Apakah sering mengalami dan baru sadar akan masalah gagal dan minta akses FTP pada saat install/update plugins,themes wordpress pada vps unmanaged? Kali ini saya akan membahas solusi tentang cara mengatasi install ataupun update wordPress, plugin maupun tema yang membutuhkan akses FTP dan muncul pesan peringatan bahwa wordPress membutuhkan akses FTP dan diminta memasukkan username dan password FTPnya. Pada saat install Nginx PHP-FPM dan MySQL di vps centos (lagi-lagi saya khususkan untuk centos, karena server jadoel.info ini menggunakan os tersebut) maka jelas tidak ada software FTP server yang terinstall seperti vsFTPd atau ProFTPd. Dan disini tidak akan membahas tentang mengatasi masalah ini dengan menginstall FTP server (tp mungkin lain waktu saya akan membahas tentang cara install ftp vsFTPd ataupu ProFTPd di vps).

Masalah ini (WordPress butuh akses FTP di VPS) terjadi karena hak kepemilikan file dan direktori pada wordpress, sehingga webserver yang digunakan (bisa Apache, Nginx, LiteSpeed dll) itu ingin memodifikasi file dan direktori WordPress tetapi terkendala oleh hak akses dan pemiliknya (chown) tidak memperbolehkannya. Karena itulah gagal dan diminta menambahkan cara akses alternatif seperti FTP ini salah satunya yang bisa digunakan oleh WordPress, dan muncul pesan peringatan spt dibawah ini:

To perform the requested action, WordPress needs to access your web server. Please enter your FTP credentials to proceed. If you do not remember your credentials, you should contact your web host.

Cara Mengatasi WordPress butuh akses FTP di VPS

Sebenarnya untuk mengatasi masalah ini sudah saya sisipkan pada tutorial cara install wordpress di vps centos agar tidak terjadi masalah seperti diatas tadi, dan berikut tutorial cara untuk mengatasi install ataupun update wordpress, plugin ataupun tema yang membutuhkan akses FTP pada vps :
untuk mengatasinya cukup dengan mengubah pemilik file dan direktorinya sesuai dengan username yang digunakan oleh web servernya, pada umumnya seperti dibawah ini

secara umum config php-fpm (www.conf) defaultnya untuk nama user adalah www-data:www-data dan folder wordpressnya pada /home/jadoel.info, bisa disesuaikan.
karena jadoel.info menggunakan webserver nginx dan sudah mengganti nama user di www.conf, seperti pada gambar dibawah ini
Cara Mengatasi WordPress butuh akses FTP di VPS 1
maka perintah untuk mengubah pemilik sbb:

Cara Mengatasi WordPress butuh akses FTP di VPS 2
Selesai! seharusnya sudah bisa install/update wordpress plugins ataupun tema. Demikianlah tutorial singkat tentang cara mengatasi masalah WordPress butuh Akses FTP di Virtual Private Server (VPS), semoga bermanfaat 😆