Cara Set Default Permissions Chmod File/Folder pada Linux

 CentOS, Tutorial

Linux mengenal hak akses yang mengatur setiap user sehingga tiap user hanya dapat mengakses file-file atau direktori tertentu, hal ini digunakan untuk kepentingan keamanan sistem. Salah satu perintah (program) dalam Linux yang digunakan untuk mengatur hak akses tersebut adalah chmod. Chmod berfungsi untuk mengatur hak akses atau permission terhadap suatu file/direktori. Setiap file dan direktori yang ada dalam sistem linux memiliki tiga hak akses, satu untuk user itu sendiri, kemudian untuk user dalam grup yang sama dengan pemilik file dan yang terakhir untuk user lainnya. Awal mula postingan ini dibuat karena mengalami kebingungan tidak dapat menjalankan dari salah satu plugin wordpress yang tertarik untuk diinstall. Karena gak mau ambil pusing jalan pintasnya dengan memberikan hak akses chmod 777 ke semua folder dan file seperti dibawah ini

Untuk melihat hak akses permissionnya bisa dengan perintah

maka outputnya akan terlihat spt dibawah ini
Cara Set Default Permissions Chmod File Folder pada Linux 1

dari contoh output diatas maka folder beserta isi filenya telah disetting permission ke 777 (drwxrwxrwx) untuk folder dan (-rwxrwxrwx) untuk file, masalah kelar plugins bisa berjalan dengan lancar, akan tetapi chmod 777 sangat rawan dan terlalu beresiko untuk kesehatan website. Karena sudah terlanjur setting hak akses menjadi 777 di semua folder dan file di jadoel.info dan males install ulang wordpress, jadi mau tidak mau harus berusaha mengembalikan permission awal (Set Default Permissions Chmod) file dan direktori tersebut.

Secara default permission atau hak akses untuk folder/direktori adalah 755 (-rwxr-xr-x) dan untuk filenya dengan hak akses 644 (-rw-r–r–), jadi kalau ingin mengubah hak akses suatu folder yang di dalamnya ada banyak folder dan file, bisa menggunakan perintah berikut :
To change all the directories to 755 (-rwxr-xr-x):

To change all the files to 644 (-rw-r–r–):

Cara Set Default Permissions Chmod File Folder pada Linux 2
Notes:
/home/jadoel.info adalah folder atau direktori yang akan di ubah hak aksesnya, bisa disesuaikan dengan direktori yang akan diubah.
Dengan command line diatas, maka folder dan file kembali ke hak akses semula.
source: http://stackoverflow.com/questions/3740152/how-to-set-chmod-for-a-folder-and-all-of-its-subfolders-and-files-in-linux-ubunt