Fuser Command Not Found pada Centos 7

 CentOS, Tutorial

Cara Mengatasi Error Fuser Command Not Found pada Centos 7

Pada tutorial ini akan membahas tentang cara mengatasi error fuser command not found pada centos 7 ataupun RHEL 7. Ketika mendapatkan error “Command not found”, itu berarti Linux atau UNIX mencari perintah di mana saja dan tidak dapat menemukan sebuah program dengan nama tersebut. Untuk error fuser command not found sering terjadi pada centos 7 ataupun RHEL 7 karena pada saat install centos 7 pada server biasanya yang terinstall hanya paket minimalis, banyak paket penting yang belum terinstall seperti traceroute, ifconfig, fuser, dll.

Karena sering terjadi pada pada saat otak-atik server jadoel.info ini dan sempat ada yang bertanya tentang error fuser command not found pada centos 7 ataupun RHEL 7 pada saat mengalami error Nginx [emerg]: bind() to 0.0.0.0:80 failed (98: Address already in use) yang pernah dibahas pada postingan sebelumnya dan jika mungkin pernah mengalami masalah menjalankan perintah “fuser” di CentOS / RHEL 7 dan menemukan error sbb:

Untuk mengatasi masalah diatas ternyata cukup simpel dan mudah yaitu dengan cara menginstall psmisc, untuk cara installnya sebagai berikut:

setelah selesai proses install psmisc tersebut silahkan coba untuk melakukan perintah fuser yang diinginkan tsb misal seperti pada kasus error Nginx [emerg]: bind() to 0.0.0.0:80 failed (98: Address already in use) untuk mengatasinya kita bisa kill masalah tersebut dengan memberikan command line berikut ini:

dan seharusnya sudah tidak mengalami error command not found lagi.
Demikianlah tutorial singkat tentang cara mengatasi masalah error fuser command not found pada centos/RHEL 7. semoga bermanfaat 😆